blog.lintangsatu.com: Tips -->

    Social Items

apa itu new normal
Mengawali tulisan saya kali ini sepertinya cukup relevan jika saya mengambil tema "The New Normal" ditengah pandemik yang mewabah ini. Mungkin kita bertanya-tanya "apanya yang normal? Pandemik ini masih terjadi dan berbagai aktivitas masih harus dibatasi, tahun ini tidak ada mudik hari raya, mau beli baju aja tokonya ditutup.

Cukup repot memang kita mendenifisikan kalimat "The New Normal" dalam situasi yang tidak senormal biasanya, tapi disitulah letak definisi itu, ingat "The New". Ini adalah kehidupan normal yang baru, kehidupan dimana kita berada dalam situasi yang berbeda bukan lagi dalam zona nyaman yang selama ini kita nikmati.

Kalau dipikir-pikir sih selama ini kan hidup kita itu fleksibel ya kan tidak monoton hanya begitu-begitu saja, tapi coba ingat-ingat deh sudah berapa kali kita menjalani "The New Normal"? (Bukan dalam konteks pandemi lho ya)...

Saya masih ingat betul ketika saya memasuki dunia "Sekolah" untuk yang pertama kalinya dulu, masuk SD saya juga menjalani "The New Normal" sebuah kehidupan yang berbeda dari sebelumnya saat saya belum sekolah bukankah ini normal yang baru juga?...

Begitupun saat beranjak SMP, SMA, hingga Kuliah bahkan saat memasuki dunia kerja nanti itu semua kan melalui "The New Normal" kehidupan normal yang baru yang belum pernah saya jalani sebelumnya. That's way, it's ok and welcome to "The New Normal" era...

Hanya saja kali ini yang membedakan ialah situasi yang baru (dalam konteks pandemi) situasi dimana saya dan mungkin kalian yang sedang membaca ini pun belum pernah mengalami situasi seperti saat ini. Saya percaya bahwa dibalik suatu kejadian pasti ada hikmah yang kita dapat, begitupun pada saat ini dimana seluruh dunia sedang berperang menghadapi pandemi Covid-19 atau virus Korona.

Jauh sebelum saat ini dunia sudah pernah mengalami wabah-wabah dahsyat sebelumnya dan mungkin lebih dahsyat dibanding Covid-19, mungkin banyak yang belum tahu tapi coba saya review sedikit. Nah wabah itu disebut Pandemi Flu 1918 atau lebih populer disebut Flu Spanyol dimana pandemi ini diperkirakan menelan korban jiwa meninggal dunia sebanyak lebih dari 100 juta orang diseluruh dunia yang konon kabarnya wabah ini berlangsung pada tahun 1918 hingga 1920. Untuk informasi detailnya bisa dibaca disini ya Pandemi flu 1918.

Dan masih banyak sekali wabah wabah lain yang gak kalah dahsyat dari Covid-19 yang pernah terjadi sebelumnya, seperti wabah Maut Hitam, dan ini rangkuman 10 penyakit mematian yang pernah terjadi.

Tujuan dari tulisan ini bukan untuk menakut-nakuti lho ya jadi ini hanya untuk informasi saja kalau sebelumnya dunia udah melalui lebih dulu masa-masa sulit seperti saat ini, intinya kehidupan harus tetap berjalan meski dalam keadaan sulit.

Jadi pelajaran yang bisa diambil adalah satu menjaga kebersihan itu penting jadi harus tetap rajin mencuci tangan ya, dua jangan lupa pakai masker terutama pada daerah yang banyak polusi, tiga tolong kalau bersin dan batuk pakai etika yang baik, empat makanlah makanan yang bergizi ingat lho ya makanan yang mahal belum tentu mengandung gizi yang baik begitupun makanan yang murah.

Tapi banyak kok makanan lokal yang harganya murah tapi kandungan gizinya juga baik lho contoh gado-gado, pecel, rujak, dan masih banyak lagi selain harganya murah meriah tapi kan bikin kenyang dan bergizi pula ya kan. Artinya bukan semua makanan yang mahal tidak berarti ga bergizi lho, jadi kita harus selektif menyesuaikan dengan kebutuhan kita gitu.

Meskipun pandemi ini nanti sudah selesai tapi ga ada salahnya kan kalau tetap menjalankan protokol kesehatan karena kan kita ngga tahu siapa-siapa saja yang lagi sakit apalagi itu penyakit yang menular, tapi ya jangan terlalu mencolok juga intinya kesadaran diri dan pinter-pinternya kita aja.

Saya pun seperti kalian jelas sangat terpukul dengan keadaan seperti ini bayanginlah baru juga wisuda akhir 2019 lalu belum juga kerja sudah ada pandemi, padahal rencananya pengen kerja sambil lanjutin S2, pengen nikah hehehe, pengen juga kaya yang lainnya gitulah tapi apalah daya rencana ya rencana hasilnya ya tetap sang maha penentu yang memutuskan. Jadi cuma bisa sabar aja sambil menenangkan diri putar otak dan susun road map baru, semoga pandemi ini cepat berlalu dan satu lagi banyakin bersyukur udah gitu aja.

Kesimpulannya "The New Normal" adalah istilah yang menggambarkan bahwa kehidupan tetap harus berjalan selayaknya keadaan normal (sebelum covid-19) namun dengan memperhatikan dan menjalankan kaidah yang baru atau protokol kesehatan.

Kebetulan tulisan ini dipostkan saat masih suasana lebaran, jadi sekalian saya ingin mengucapkan Minal Aidin Walfaidzin, Mohon Maaf Lahir & batin...


"Keep productive while staying at home"...



"Jika Anda menginginkan sesuatu yang belum pernah dimiliki dalam hidupmu. Anda harus melakukan sesuatu yang belum pernah dilakukan sebelumnya"      - JD Houston

 

The New Normal

Img Source : https://digination.id
Pandemi Coronavirus disease 2019 (Covid-19) atau yang kita kenal wabah virus korona yang sedang melanda seluruh negara didunia sekarang ini tidak hanya mengharuskan orang-orang untuk membatasi aktifitas diluar rumah terutama yang bersifat dikeramaian menjadi masalah yang serius terlebih bagi mereka yang sehari-harinya bekerja ditengah keramaian seperti pada perkotaan. Banyak pekerja yang diharuskan bekerja dari rumah dan banyak pula yang terpaksa dirumahkan serta banyak tempat usaha yang ditutup lantaran kebijakan yang dikeluarkan pemerintah pusat maupun daerah demi meredam penyebaran wabah Covid-19 semakin meluas yaitu yang dikenal dengan Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB, hal tersebut mengakibatkan terbukanya peluang meningkatnya jumlah pengangguran dan masalah perekonomian disuatu negara. Begitu juga dengan para pelajar yang terpaksa diliburkan atau menjalankan proses belajar dari rumah via daring atau online.

Cara agar tetap bisa produktif meski #DiRumahAja

investasi reksa dana milenial
Pic source: kreditgogo.com

Investasi reksa dana adalah sebuah bentuk investasi yang mana investor mempercayakan dananya untuk diinvestasikan kedalam instrumen investasi melalui cara pembelian unit penyertaan reksadana, dan selanjutnya dana tersebut akan dikelola oleh menejer investasi dalam bentuk portofolio investasi. Investasi reksa dana juga meliputi beberapa jenis diataranya adalah "saham, obligasi, dan pasar uang". Jenis investasi ini juga telah diawasi dan terdaftar pada lembaga otoritas jasa keuangan negara (OJK). 

Berbagi pengalaman seputar investasi reksa dana


Mengapa milenial perlu investasi? Ini dia alasannya.
Pic By: liputan6.com
Dibalik kecanggihan teknologi terdapat pula permasalahan paling umum yang dihadapi setiap orang, khususnya gen milenial yang dikenal aktif dalam dunia teknologi yaitu dalam mengatur keuangan. Untuk itulah diperlukan suatu strategi yang tepat dengan tujuan untuk mempersiapkan kehidupan dimasa depan yang lebih baik, meski telah bekerja seharian selama bertahun tahun itu tidak menjamin seseorang memiliki keuangan yang memadai dimasa depan, walau gaji atau pendapatan yang diterima sudah lebih dari cukup.
 
Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mencegah hal ini adalah dengan melakukan investasi, ya baik itu investasi dalam bentuk aktif ataupun investasi pasif. Investasi aktif adalah bentuk investasi dengan cara mengalihkan sebagian pendapatan kedalam suatu bidang usaha atau bisnis. Sedangkan investasi pasif adalah investasi dalam bentuk aset yang bisa mendatangkan penghasilan misalnya investasi dalam reksa dana, saham, emas, properti, dan lain sebagainya.

Lalu mengapa milenial perlu investasi? Bukan hanya milenial namun semua kalangan pun perlu melakukan investasi, tujuan dari investasi adalah menyiapkan kemampuan untuk kebutuhan dimasa depan. Kebutuhan manusia dimasa depan adalah sesuatu yang tak dapat diprediksi secara pasti, untuk itulah investasi perlu kamu lakukan sejak dini.

Perlu kamu katahui bahwasannya saat ini terdapat banyak sekali pilihan investasi, tetapi sebagai milenial saya rasa tidak semua jenis instrumen investasi cocok untuknya. Namun jika ingin mencoba mengapa tidak, nah untuk itu sebelum memutuskan berinvestasi saya rasa wajib rasanya mengetahui seluk beluk investasi agar jangan sampai kamu salah terjun. 

"Jangan lupa baca Revolusi industri 4.0

Beberapa pilihan investasi yang patut dilirik oleh gen milenial adalah sebagai berikut:

 

Bisnis

Jika saat ini kamu adalah seorang pekerja lepas maka pilihan investsi yang tepat adalah membangun sebuah bisnis, kamu bisa memanfaatkan media sosial untuk sarana pemasarannya. Salah satu bisnis yang sedang bagus prospeknya adalah bisnis makanan dan aksesoris, namun kamu juga bisa mempetimbangkan peluang bisnis lain yang sedang bagus prospeknya. Tujuan dari investasi ini adalah menyisihkan sebagian pendapatanmu untuk dikembangkan dalam bentuk bisnis, investasi seperti ini telah geluti oleh sebagian besar selebriti mengingat popularitas mereka bisa saja tergeser sewaktu-waktu oleh orang lain yang lebih berpotensi.

Properti

Bisnis properti saat ini mulai gencar dilakukan oleh para pengusaha pada daerah daerah yang strategis dan menjanjikan terutama pada area perkotaan atau daerah dengan potensi pariwisata, dengan begitu kamu bisa mencoba investasi properti. Catatan sebelum terjun pada investasi ini adalah kamu perlu untuk menyiapkan anggaran yang cukup, sebab investasi ini adalah tergolong investasi kelas atas. Namun sebagai pembanding jika kamu melakukan investasi dibidang properti profit yang kamu dapatkan untuk jangka panjang tidak perlu dihawatirkan, namun tidak perlu hawatir jika anak milenial ingin memulai investasi ini dengan alasan pendapatan yang masih terbatas. Sebagai langkah awal kamu dapat memulainya dengan memanfaatkan KPR pada bank, jadi jangan membuang waktu anda lagi.

Reksa dana

Reksa dana pasar uang adalah jenis investasi dengan tingkat resiko yang paling rendah dan dapat dimulai dari nominal nilai yang kecil, dalam reksa dana nilai uang yang akan kamu investasikan bisa dimulai dari Rp 10.000. Selain itu kamu tidak perlu hawatir untuk memulai investasi reksa dana karena dalam investasi ini dana yang kamu investasikan akan dikelola oleh menejer investasi yang profesional sehingga resiko akan bisa diminimalisir dan kamu bisa mendapatkan profit yang maksimal. 

Noted: Saya sudah mencoba investasi Reksa dana pada Reksa Dana Syariah Mandiri Buka Reksa pasar mata uang pada aplikasi Buka lapak dan sampai sekarang saya masih menjadi investor, keuntungan yang saya dapatkan juga lumayan. Namun perlu diingat jika kamu ingin serius berinvestasi Reksa dana, kamu harus menyisihkan uang setidaknya sebulan sekali untuk diinvestasikan.

 

Saham

Ini adalah jenis investasi yang sudah populer dikalangan masyarakat namun dengan tingkat resiko yang tinggi, jika kamu berinvestasi saham itu berarti kamu menjadi bagian terkecil dari kepemilikan perusahaan karena kamu ikut menanam modal pada perusahaan tersebut. Mengenai hasil dari investasi saham yang kamu tanam itu tergantung bagaimana kinerja perusahaan tersebut, namun sebelum kamu memutuskan untuk berinvestasi saham terlebih dahulu kamu harus memiliki pengetahuan tentang trading saham dan menilai kinerja sebuah perusahaan. Untuk berinvestasi saham kamu diharuskan membeli beberapa lot saham tergantung kebijakan masing-masing perusahaan, untuk 1 lot saham dapat diartikan sebagai 100 lembar saham.

Untuk mengetahui harga saham terkini, kamu dapat mengunjungi situs bursa efek indonesia (BEI) disini.

Emas

Jenis investasi ini adalah dengan kamu membeli logam mulia emas melalui platform penyedia investasi, emas memiliki harga jual dan harga beli yang tidak tetap sehingga ini bisa kamu manfaatkan untuk menanam investasi. Sama seperti investasi saham namun dalam investasi emas kamu harus berinvestasi dalam bentuk hitungan gram emas. 

Keuntungan dengan investasi emas adalah jika terdapat perubahan harga jual maka yang akan terdampak adalah nilai atau harga dari emas sendiri, namun jumlah gram emas kamu akan tetap tidak ada pengurangan dan penambahan jumlah gram yang kamu miliki.

Setiap usaha dalam mengelola keuangan pasti memiliki resiko begitu juga dengan investasi, tingkat resiko dari investasi pun beragam ada yang memiliki resiko tinggi namun keuntungan atau profit yang ditawarkan juga tinggi, dan begitupun sebaliknya. Dalam begitu dapat disimpulkan bahwa resiko yang diterima sebanding dengan keuntungan yang didapat, jadi sebelum menentukan pilihan instrumen investasi perlu untuk kamu pelajari terlebih dahulu mekanismenya.

Tips: 

Sebelum kamu memulai investasi hal yang harus diperhatikan adalah pahami dulu jenis instrumen investasi yang akan kamu pilih, kepoin perusahaan yang akan kamu percayai untuk menanam investasi (lihat track record-nya). Pastikan sudah terdaftar pada lembaga OJK (Otoritas Jasa Keuangan), selanjutnya jangan pernah bosan memamtau portofolio kamu, tips terakhir konsistenlah pada nilai investasi kamu ya.

Jika dilihat lebih mendalam, investasi yang pasti menguntungkanmu adalah investasi yang ditanam pada diri sendiri. Mengapa demikian, karena ilmu dan kemampuan yang kamu miliki dapat menuntunmu menuju arah hidup yang lebih baik.


 - Ky

Mengapa milenial perlu investasi? Ini dia alasannya.

Ingin berlangganan?