Masih penasaran dengan istilah Unicorn dalam bisnis starup digital? Simak penjelasan ini - blog.lintangsatu.com -->

    Social Items

Masih penasaran dengan istilah Unicorn dalam bisnis starup digital? Simak penjelasan ini
Pic By: republika.co.id
Ketika saya sedang asyik melihat postingan disosial media, tiba-tiba muncul di timeline sebuah postingan tentang bisnis startup, lalu ketika itu pun saya kemudian jadi tertarik untuk menulis sesuatu tentang bisnis startup digital diblog ini. Rupanya istilah bisnis starup yang belakangan ini sedang ramai menjadi topik pembicaraan dikalangan masyarakat adalah sebutan bagi bisnis rintisan swasta, ya istilah ini pun sempat mencuat dalam debat pilpres 2019 beberapa waktu lalu yang disampaikan oleh kubu petahana, (saat ini Bapak Presiden RI Ir. H. Joko Widodo).

Namun jika diterjemahkan dari bahasa inggris sebenarnya kata “strartup” itu berarti memulai, maka dengan begitu dapat diketahui bersama bahwa istilah ini merujuk pada bisnis yang baru dimulai atau dirintis. Tetapi karena terdapat imbuhan digital dibelakangnya maka dapat diartikan sebagai bisnis rintisan yang memanfaatkan kecanggihan teknologi digital sebagai poin utamanya. Jadi startup digital itu adalah sebutan untuk bisnis rintisan, tapi bagaimana potensinya di indonesia?

Seperti penjelasan diatas bahwa bisnis startup digital itu adalah sebuah perusahaan bisnis swasta yang baru dirintis, dimana bisnis tersebut memanfaatkan kecanggihan software digital (sistem komputer) dengan memanfaatkan teknologi internet sebagai titik aksesnya. Data yang saya kutip dari news.detik.com, indonesia adalah negara dengan jumlah penduduk yang aktif menggunakan internet sekitar 88 juta dari total sekitar 250 juta jiwa. Hal ini sangat menguntungkan dari sisi binsis startup digital tersebut, mengapa? Ya bayangkan saja jika dari 88 juta jiwa itu ada yang menggunakan jasa bisnis startup digital tersebut sedikitnya saja sekitar 5% berarti kan ada sekitar 4,4 juta jiwa yang menggunakan jasa startup tesebut.


 Baca ini: 

Contoh nih perusahaan startup digital di indonesia yang sekarang lagi Booming kan salah satunya kan sebut saja Bukalapak, nah coba deh bayangkan bagaimana kalau dalam satu hari ada sekitar satu juta orang yang belanja di aplikasi Bukalapak, bisa bayangin gak berapa rupiah pendapatan yang didapat tuh?

Itu baru dari sisi yang belanja belum lagi dari yang menggunakan lapak disitu dan fasilitas lain yang disediakan Bukalapak, pasti banyak banget kan keuntungannya.

Terus sekarang kita bicara manfaat yang bisa didapat masyarakat dengan menggunakan aplikasi Bukalapak, pasti banyak sekali kan manfaatnya. Ya manfaat pertama yang bisa didapat adalah bisa menghemat uang dan waktu, coba deh kalau nggak ada aplikasi Bukalapak dan sejenisnya akan habis berapa banyak waktu dan uang hanya untuk mencari suatu barang yang tidak dijual disemua tempat. Misalnya kalau barang yang kamu cari itu hanya dijual di Jakarta sedangkan kamu berada di Surabaya, jelas kamu akan kehilangan banyak waktu, tenaga, dan uang kan hanya untuk membeli barang keinginanmu itu. Yakan?.
 
Setelah belanja, ini masih ada bisnis startup digital dari ojek online yang juga dari indonesia, yap pasti udah pada kenal kan sama yang satu ini apalagi kalau bukan… Yeee benar sekali namanya Gojek sodara-sodara.

Manfaat yang paling terasa itu dirasakan oleh masyarakat yang hidup di kota-kota besar seperti jakarta, surabaya, dan perkotaan lainnya. Kebayang kan gimana rasanya ketinggalan bis / kereta atau malah kelamaan nunggu bis / kereta padahal jam masuk kerja udah hampir tiba, dan lagi buat kamu yang  kelamaan nungguin teman jemput padahal kelas udah hampir dimulai, pasti bikin auto kesel kan. Dengan adanya ojek online Gojek udah gak jaman lagi tuh kamu telat ngampus gara-gara kelamaan nunggu jemputan atau terlambat masuk kerja karena kelamaan nungguin bis / kereta ya kan. Belum lagi kalau kamu lagi males banget buat keluar nyari makan malam-malam, udah gitu hujan pula mana tempat yang jual makan jauh itu kan sesuatu banget ya hihihi... Tapi dengan adanya bisnis startup digital sekarang tinggal pesen Gofood aja cukup tap-tap beres deh.
 
Setelah kita bahas Bukalapak dan Gojek, ternyata masih ada lagi loh teman-teman bisnis startup di indonesia yang juga sudah masuk dalam kategori Unicorn apa aja itu, penasaran kan?... Oke deh aku kasih tahu, ini loh mereka yaitu Tokopedia, dan Traveloka. Saya kasih tahu lagi ya, kalau Tokopedia itu bisnis startup digital yang bergerak dalam bisnis yang sama dengan Bukalapak, dan untuk Traveloka itu hampir mirip dngan Gojek namun perbedaannya untuk Traveloka adalah bisnis yang dijalankan yaitu sebagai partner dalam menjual tiket baik itu tiket pesawat, hotel, kereta api, dan bis travel.

Satu lagi nih informasi yang harus kamu tahu. Dari keempat bisnis startup tersebut masing-masing sudah menyediakan layanan dompet digital atau e-money yang ditujukan untuk memudahkan kalian (konsumen) dalam melakukan transaksi.


Saking menariknya nih nggak heran kalau bisnis startup ini banyak para investor yang ikut menanamkan modalnya, para investor tersebut berasal dari dalam dan luar negeri seperti Cina, Amerika, Singapura dan lain sebagainya. Jadi peranan investor ini sangat penting bagi persuahaan startup dengan cara menyuntikkan dananya dengan tujuan agar perusahaan tersebut dapat berkembang.

Untuk kamu yang masih bingung dengan kategori bisnis startup khususnya Unicorn, simak penjelasannya dibawah ini ya.

Bisnis startup secara umum dikelompokkan menjadi tiga kategori, pertama bisnis startup dengan kategori Unicorn. Jadi Unicorn itu bila mana valuasi nilai perusahaan telah menyentuh US$ 1 miliar (Satu miliar dolar). Lalu kategori kedua yaitu Decacorn, dalam hal ini bila mana perusahaan startup memiliki valuasi nilai perusahaan sebesar US$ 10 miliar (Sepuluh miliar dolar). Dan yang terakhir yaitu Hectocorn, untuk yang ini bila mana valuasi nilai perusahaan sudah mencapai US$ 100 miliar (Seratus miliar dolar).

Garis besarnya valuasi nilai perusahaan startup adalah nilai ekonomi sebuah perusahaan, jadi valuasi nilai perusahaan ini digunakan untuk mengukur potensi bisnis perusahaan startup tersebut.

Kalau dilihat, diraba, dan diterawang cieeeh. Sebenarnya bisnis startup diatas tersebut muncul atas dasar jalan keluar atau solusi dari permasalahan yang terjadi ditengah masyarakat. Nah, gimana udah paham dong tentang apa itu yang dimaksud dengan bisnis startup digital? 

Jadi seperti itu, bahwa setiap permasalahan pasti ada jalan keluarnya. Lalu tugas kita sekarang adalah membantu bagaimana mencarikan solusi terhadap masalah-masalah yang masih terjadi disekitar kita, kenapa kita? Ya karena kita ini kan generasi penerus bangsa, ya jadi sudah seharusnya kita ikut menciptakan solusi atas masalah yang terjadi disekitar kita. Masalah yang terjadi itu masih banyak dan butuh solusi segera, jadi mari kita turun tangan membantu. Nggak usah muluk muluk mulai saja dari hal-hal kecil, siapa tahu hal kecil yang kita lakukan itu punya dampak positif yang luar biasa untuk solusi permasalahan saat ini.  Kemon gaiss :v

Jujur saya membuat tulisan ini sebagai tindakan nyata saya kepada lingkungan saya dan terlebih untuk anak-anak muda yang seusia dengan saya ataupun mereka yang lebih muda untuk setidaknya bisa beramal dengan seupil pengetahuan yang saya miliki. Selain itu alasan saya menulis diblog ini adalah karena dengan saya menulis itu sama dengan saya belajar, serta permasalahan yang kita hadapi ini semakin bertambah tetapi tidak cukup solusi yang diciptakan.
Yang kita butuhkan sekarang itu adalah tindakan nyata untuk memberikan jalan keluar dari permasalahan yang masih terjadi, kalau hanya dipikirkan saja tanpa ada tindakan yang nyata ya permasalahan tersebut bukan selesai tapi malah akan semakin bertambah banyak.

- Ky

Masih penasaran dengan istilah Unicorn dalam bisnis starup digital? Simak penjelasan ini

Masih penasaran dengan istilah Unicorn dalam bisnis starup digital? Simak penjelasan ini
Pic By: republika.co.id
Ketika saya sedang asyik melihat postingan disosial media, tiba-tiba muncul di timeline sebuah postingan tentang bisnis startup, lalu ketika itu pun saya kemudian jadi tertarik untuk menulis sesuatu tentang bisnis startup digital diblog ini. Rupanya istilah bisnis starup yang belakangan ini sedang ramai menjadi topik pembicaraan dikalangan masyarakat adalah sebutan bagi bisnis rintisan swasta, ya istilah ini pun sempat mencuat dalam debat pilpres 2019 beberapa waktu lalu yang disampaikan oleh kubu petahana, (saat ini Bapak Presiden RI Ir. H. Joko Widodo).

Namun jika diterjemahkan dari bahasa inggris sebenarnya kata “strartup” itu berarti memulai, maka dengan begitu dapat diketahui bersama bahwa istilah ini merujuk pada bisnis yang baru dimulai atau dirintis. Tetapi karena terdapat imbuhan digital dibelakangnya maka dapat diartikan sebagai bisnis rintisan yang memanfaatkan kecanggihan teknologi digital sebagai poin utamanya. Jadi startup digital itu adalah sebutan untuk bisnis rintisan, tapi bagaimana potensinya di indonesia?

Seperti penjelasan diatas bahwa bisnis startup digital itu adalah sebuah perusahaan bisnis swasta yang baru dirintis, dimana bisnis tersebut memanfaatkan kecanggihan software digital (sistem komputer) dengan memanfaatkan teknologi internet sebagai titik aksesnya. Data yang saya kutip dari news.detik.com, indonesia adalah negara dengan jumlah penduduk yang aktif menggunakan internet sekitar 88 juta dari total sekitar 250 juta jiwa. Hal ini sangat menguntungkan dari sisi binsis startup digital tersebut, mengapa? Ya bayangkan saja jika dari 88 juta jiwa itu ada yang menggunakan jasa bisnis startup digital tersebut sedikitnya saja sekitar 5% berarti kan ada sekitar 4,4 juta jiwa yang menggunakan jasa startup tesebut.


 Baca ini: 

Contoh nih perusahaan startup digital di indonesia yang sekarang lagi Booming kan salah satunya kan sebut saja Bukalapak, nah coba deh bayangkan bagaimana kalau dalam satu hari ada sekitar satu juta orang yang belanja di aplikasi Bukalapak, bisa bayangin gak berapa rupiah pendapatan yang didapat tuh?

Itu baru dari sisi yang belanja belum lagi dari yang menggunakan lapak disitu dan fasilitas lain yang disediakan Bukalapak, pasti banyak banget kan keuntungannya.

Terus sekarang kita bicara manfaat yang bisa didapat masyarakat dengan menggunakan aplikasi Bukalapak, pasti banyak sekali kan manfaatnya. Ya manfaat pertama yang bisa didapat adalah bisa menghemat uang dan waktu, coba deh kalau nggak ada aplikasi Bukalapak dan sejenisnya akan habis berapa banyak waktu dan uang hanya untuk mencari suatu barang yang tidak dijual disemua tempat. Misalnya kalau barang yang kamu cari itu hanya dijual di Jakarta sedangkan kamu berada di Surabaya, jelas kamu akan kehilangan banyak waktu, tenaga, dan uang kan hanya untuk membeli barang keinginanmu itu. Yakan?.
 
Setelah belanja, ini masih ada bisnis startup digital dari ojek online yang juga dari indonesia, yap pasti udah pada kenal kan sama yang satu ini apalagi kalau bukan… Yeee benar sekali namanya Gojek sodara-sodara.

Manfaat yang paling terasa itu dirasakan oleh masyarakat yang hidup di kota-kota besar seperti jakarta, surabaya, dan perkotaan lainnya. Kebayang kan gimana rasanya ketinggalan bis / kereta atau malah kelamaan nunggu bis / kereta padahal jam masuk kerja udah hampir tiba, dan lagi buat kamu yang  kelamaan nungguin teman jemput padahal kelas udah hampir dimulai, pasti bikin auto kesel kan. Dengan adanya ojek online Gojek udah gak jaman lagi tuh kamu telat ngampus gara-gara kelamaan nunggu jemputan atau terlambat masuk kerja karena kelamaan nungguin bis / kereta ya kan. Belum lagi kalau kamu lagi males banget buat keluar nyari makan malam-malam, udah gitu hujan pula mana tempat yang jual makan jauh itu kan sesuatu banget ya hihihi... Tapi dengan adanya bisnis startup digital sekarang tinggal pesen Gofood aja cukup tap-tap beres deh.
 
Setelah kita bahas Bukalapak dan Gojek, ternyata masih ada lagi loh teman-teman bisnis startup di indonesia yang juga sudah masuk dalam kategori Unicorn apa aja itu, penasaran kan?... Oke deh aku kasih tahu, ini loh mereka yaitu Tokopedia, dan Traveloka. Saya kasih tahu lagi ya, kalau Tokopedia itu bisnis startup digital yang bergerak dalam bisnis yang sama dengan Bukalapak, dan untuk Traveloka itu hampir mirip dngan Gojek namun perbedaannya untuk Traveloka adalah bisnis yang dijalankan yaitu sebagai partner dalam menjual tiket baik itu tiket pesawat, hotel, kereta api, dan bis travel.

Satu lagi nih informasi yang harus kamu tahu. Dari keempat bisnis startup tersebut masing-masing sudah menyediakan layanan dompet digital atau e-money yang ditujukan untuk memudahkan kalian (konsumen) dalam melakukan transaksi.


Saking menariknya nih nggak heran kalau bisnis startup ini banyak para investor yang ikut menanamkan modalnya, para investor tersebut berasal dari dalam dan luar negeri seperti Cina, Amerika, Singapura dan lain sebagainya. Jadi peranan investor ini sangat penting bagi persuahaan startup dengan cara menyuntikkan dananya dengan tujuan agar perusahaan tersebut dapat berkembang.

Untuk kamu yang masih bingung dengan kategori bisnis startup khususnya Unicorn, simak penjelasannya dibawah ini ya.

Bisnis startup secara umum dikelompokkan menjadi tiga kategori, pertama bisnis startup dengan kategori Unicorn. Jadi Unicorn itu bila mana valuasi nilai perusahaan telah menyentuh US$ 1 miliar (Satu miliar dolar). Lalu kategori kedua yaitu Decacorn, dalam hal ini bila mana perusahaan startup memiliki valuasi nilai perusahaan sebesar US$ 10 miliar (Sepuluh miliar dolar). Dan yang terakhir yaitu Hectocorn, untuk yang ini bila mana valuasi nilai perusahaan sudah mencapai US$ 100 miliar (Seratus miliar dolar).

Garis besarnya valuasi nilai perusahaan startup adalah nilai ekonomi sebuah perusahaan, jadi valuasi nilai perusahaan ini digunakan untuk mengukur potensi bisnis perusahaan startup tersebut.

Kalau dilihat, diraba, dan diterawang cieeeh. Sebenarnya bisnis startup diatas tersebut muncul atas dasar jalan keluar atau solusi dari permasalahan yang terjadi ditengah masyarakat. Nah, gimana udah paham dong tentang apa itu yang dimaksud dengan bisnis startup digital? 

Jadi seperti itu, bahwa setiap permasalahan pasti ada jalan keluarnya. Lalu tugas kita sekarang adalah membantu bagaimana mencarikan solusi terhadap masalah-masalah yang masih terjadi disekitar kita, kenapa kita? Ya karena kita ini kan generasi penerus bangsa, ya jadi sudah seharusnya kita ikut menciptakan solusi atas masalah yang terjadi disekitar kita. Masalah yang terjadi itu masih banyak dan butuh solusi segera, jadi mari kita turun tangan membantu. Nggak usah muluk muluk mulai saja dari hal-hal kecil, siapa tahu hal kecil yang kita lakukan itu punya dampak positif yang luar biasa untuk solusi permasalahan saat ini.  Kemon gaiss :v

Jujur saya membuat tulisan ini sebagai tindakan nyata saya kepada lingkungan saya dan terlebih untuk anak-anak muda yang seusia dengan saya ataupun mereka yang lebih muda untuk setidaknya bisa beramal dengan seupil pengetahuan yang saya miliki. Selain itu alasan saya menulis diblog ini adalah karena dengan saya menulis itu sama dengan saya belajar, serta permasalahan yang kita hadapi ini semakin bertambah tetapi tidak cukup solusi yang diciptakan.
Yang kita butuhkan sekarang itu adalah tindakan nyata untuk memberikan jalan keluar dari permasalahan yang masih terjadi, kalau hanya dipikirkan saja tanpa ada tindakan yang nyata ya permasalahan tersebut bukan selesai tapi malah akan semakin bertambah banyak.

- Ky
Beri Komentar

Ingin berlangganan?

Notifications

Disqus Logo