blog.lintangsatu.com

    Social Items

apa itu new normal
Mengawali tulisan saya kali ini sepertinya cukup relevan jika saya mengambil tema "The New Normal" ditengah pandemik yang mewabah ini. Mungkin kita bertanya-tanya "apanya yang normal? Pandemik ini masih terjadi dan berbagai aktivitas masih harus dibatasi, tahun ini tidak ada mudik hari raya, mau beli baju aja tokonya ditutup.

Cukup repot memang kita mendenifisikan kalimat "The New Normal" dalam situasi yang tidak senormal biasanya, tapi disitulah letak definisi itu, ingat "The New". Ini adalah kehidupan normal yang baru, kehidupan dimana kita berada dalam situasi yang berbeda bukan lagi dalam zona nyaman yang selama ini kita nikmati.

Kalau dipikir-pikir sih selama ini kan hidup kita itu fleksibel ya kan tidak monoton hanya begitu-begitu saja, tapi coba ingat-ingat deh sudah berapa kali kita menjalani "The New Normal"? (Bukan dalam konteks pandemi lho ya)...

Saya masih ingat betul ketika saya memasuki dunia "Sekolah" untuk yang pertama kalinya dulu, masuk SD saya juga menjalani "The New Normal" sebuah kehidupan yang berbeda dari sebelumnya saat saya belum sekolah bukankah ini normal yang baru juga?...

Begitupun saat beranjak SMP, SMA, hingga Kuliah bahkan saat memasuki dunia kerja nanti itu semua kan melalui "The New Normal" kehidupan normal yang baru yang belum pernah saya jalani sebelumnya. That's way, it's ok and welcome to "The New Normal" era...

Hanya saja kali ini yang membedakan ialah situasi yang baru (dalam konteks pandemi) situasi dimana saya dan mungkin kalian yang sedang membaca ini pun belum pernah mengalami situasi seperti saat ini. Saya percaya bahwa dibalik suatu kejadian pasti ada hikmah yang kita dapat, begitupun pada saat ini dimana seluruh dunia sedang berperang menghadapi pandemi Covid-19 atau virus Korona.

Jauh sebelum saat ini dunia sudah pernah mengalami wabah-wabah dahsyat sebelumnya dan mungkin lebih dahsyat dibanding Covid-19, mungkin banyak yang belum tahu tapi coba saya review sedikit. Nah wabah itu disebut Pandemi Flu 1918 atau lebih populer disebut Flu Spanyol dimana pandemi ini diperkirakan menelan korban jiwa meninggal dunia sebanyak lebih dari 100 juta orang diseluruh dunia yang konon kabarnya wabah ini berlangsung pada tahun 1918 hingga 1920. Untuk informasi detailnya bisa dibaca disini ya Pandemi flu 1918.

Dan masih banyak sekali wabah wabah lain yang gak kalah dahsyat dari Covid-19 yang pernah terjadi sebelumnya, seperti wabah Maut Hitam, dan ini rangkuman 10 penyakit mematian yang pernah terjadi.

Tujuan dari tulisan ini bukan untuk menakut-nakuti lho ya jadi ini hanya untuk informasi saja kalau sebelumnya dunia udah melalui lebih dulu masa-masa sulit seperti saat ini, intinya kehidupan harus tetap berjalan meski dalam keadaan sulit.

Jadi pelajaran yang bisa diambil adalah satu menjaga kebersihan itu penting jadi harus tetap rajin mencuci tangan ya, dua jangan lupa pakai masker terutama pada daerah yang banyak polusi, tiga tolong kalau bersin dan batuk pakai etika yang baik, empat makanlah makanan yang bergizi ingat lho ya makanan yang mahal belum tentu mengandung gizi yang baik begitupun makanan yang murah.

Tapi banyak kok makanan lokal yang harganya murah tapi kandungan gizinya juga baik lho contoh gado-gado, pecel, rujak, dan masih banyak lagi selain harganya murah meriah tapi kan bikin kenyang dan bergizi pula ya kan. Artinya bukan semua makanan yang mahal tidak berarti ga bergizi lho, jadi kita harus selektif menyesuaikan dengan kebutuhan kita gitu.

Meskipun pandemi ini nanti sudah selesai tapi ga ada salahnya kan kalau tetap menjalankan protokol kesehatan karena kan kita ngga tahu siapa-siapa saja yang lagi sakit apalagi itu penyakit yang menular, tapi ya jangan terlalu mencolok juga intinya kesadaran diri dan pinter-pinternya kita aja.

Saya pun seperti kalian jelas sangat terpukul dengan keadaan seperti ini bayanginlah baru juga wisuda akhir 2019 lalu belum juga kerja sudah ada pandemi, padahal rencananya pengen kerja sambil lanjutin S2, pengen nikah hehehe, pengen juga kaya yang lainnya gitulah tapi apalah daya rencana ya rencana hasilnya ya tetap sang maha penentu yang memutuskan. Jadi cuma bisa sabar aja sambil menenangkan diri putar otak dan susun road map baru, semoga pandemi ini cepat berlalu dan satu lagi banyakin bersyukur udah gitu aja.

Kesimpulannya "The New Normal" adalah istilah yang menggambarkan bahwa kehidupan tetap harus berjalan selayaknya keadaan normal (sebelum covid-19) namun dengan memperhatikan dan menjalankan kaidah yang baru atau protokol kesehatan.

Kebetulan tulisan ini dipostkan saat masih suasana lebaran, jadi sekalian saya ingin mengucapkan Minal Aidin Walfaidzin, Mohon Maaf Lahir & batin...


"Keep productive while staying at home"...



"Jika Anda menginginkan sesuatu yang belum pernah dimiliki dalam hidupmu. Anda harus melakukan sesuatu yang belum pernah dilakukan sebelumnya"      - JD Houston

 

The New Normal

Img Source : https://digination.id
Pandemi Coronavirus disease 2019 (Covid-19) atau yang kita kenal wabah virus korona yang sedang melanda seluruh negara didunia sekarang ini tidak hanya mengharuskan orang-orang untuk membatasi aktifitas diluar rumah terutama yang bersifat dikeramaian menjadi masalah yang serius terlebih bagi mereka yang sehari-harinya bekerja ditengah keramaian seperti pada perkotaan. Banyak pekerja yang diharuskan bekerja dari rumah dan banyak pula yang terpaksa dirumahkan serta banyak tempat usaha yang ditutup lantaran kebijakan yang dikeluarkan pemerintah pusat maupun daerah demi meredam penyebaran wabah Covid-19 semakin meluas yaitu yang dikenal dengan Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB, hal tersebut mengakibatkan terbukanya peluang meningkatnya jumlah pengangguran dan masalah perekonomian disuatu negara. Begitu juga dengan para pelajar yang terpaksa diliburkan atau menjalankan proses belajar dari rumah via daring atau online.

Cara agar tetap bisa produktif meski #DiRumahAja

investasi reksa dana milenial
Pic source: kreditgogo.com

Investasi reksa dana adalah sebuah bentuk investasi yang mana investor mempercayakan dananya untuk diinvestasikan kedalam instrumen investasi melalui cara pembelian unit penyertaan reksadana, dan selanjutnya dana tersebut akan dikelola oleh menejer investasi dalam bentuk portofolio investasi. Investasi reksa dana juga meliputi beberapa jenis diataranya adalah "saham, obligasi, dan pasar uang". Jenis investasi ini juga telah diawasi dan terdaftar pada lembaga otoritas jasa keuangan negara (OJK). 

Berbagi pengalaman seputar investasi reksa dana


Pic By: mudazine.com
Kreatifitas memang tak ada matinya itulah yang menjadi ide awal terbentuknya badan ekonomi kreatif (Bekraf). Berkembangnya teknologi ternyata membuka peluang usaha baru yang sangat potensial apabila dikelola dengan baik. Teknologi adalah alat atau fasilitas yang dapat dimanfaatkan untuk sarana penunjang aktivitas manusia, disamping itu teknologi merupakan hasil dari berkembangnya ilmu pengetahuan yang sekaligus merupakan kemajuan peradaban manusia. 

Cocok untuk milenial, salurkan kreatifitasmu menjadi bagian dari Ekonomi kreatif Indonesia

Siap-siap memasuki era Smart City, Indonesia dan 100 Kota Cerdas.
Pic sourch: Google.com

Masih bingung dengan istilah kota cerdas atau dalam bahasa inggrisnya smart city? Smart city merupakan sebuah konsep gagasan kota yang pengelolaan asetnya sudah menerapkan inovasi berkelanjutan serta dapat menjadi solusi inovatif atas permasalahan-permasalahan pengelolaan aset kehidupan masyarakat perkotaan.

Siap-siap memasuki era Smart City, Indonesia dan 100 Kota Cerdas.

Masih penasaran dengan istilah Unicorn dalam bisnis starup digital? Simak penjelasan ini
Pic By: republika.co.id
Ketika saya sedang asyik melihat postingan disosial media, tiba-tiba muncul di timeline sebuah postingan tentang bisnis startup, lalu ketika itu pun saya kemudian jadi tertarik untuk menulis sesuatu tentang bisnis startup digital diblog ini. Rupanya istilah bisnis starup yang belakangan ini sedang ramai menjadi topik pembicaraan dikalangan masyarakat adalah sebutan bagi bisnis rintisan swasta, ya istilah ini pun sempat mencuat dalam debat pilpres 2019 beberapa waktu lalu yang disampaikan oleh kubu petahana, (saat ini Bapak Presiden RI Ir. H. Joko Widodo).

Namun jika diterjemahkan dari bahasa inggris sebenarnya kata “strartup” itu berarti memulai, maka dengan begitu dapat diketahui bersama bahwa istilah ini merujuk pada bisnis yang baru dimulai atau dirintis. Tetapi karena terdapat imbuhan digital dibelakangnya maka dapat diartikan sebagai bisnis rintisan yang memanfaatkan kecanggihan teknologi digital sebagai poin utamanya. Jadi startup digital itu adalah sebutan untuk bisnis rintisan, tapi bagaimana potensinya di indonesia?

Seperti penjelasan diatas bahwa bisnis startup digital itu adalah sebuah perusahaan bisnis swasta yang baru dirintis, dimana bisnis tersebut memanfaatkan kecanggihan software digital (sistem komputer) dengan memanfaatkan teknologi internet sebagai titik aksesnya. Data yang saya kutip dari news.detik.com, indonesia adalah negara dengan jumlah penduduk yang aktif menggunakan internet sekitar 88 juta dari total sekitar 250 juta jiwa. Hal ini sangat menguntungkan dari sisi binsis startup digital tersebut, mengapa? Ya bayangkan saja jika dari 88 juta jiwa itu ada yang menggunakan jasa bisnis startup digital tersebut sedikitnya saja sekitar 5% berarti kan ada sekitar 4,4 juta jiwa yang menggunakan jasa startup tesebut.


 Baca ini: 

Contoh nih perusahaan startup digital di indonesia yang sekarang lagi Booming kan salah satunya kan sebut saja Bukalapak, nah coba deh bayangkan bagaimana kalau dalam satu hari ada sekitar satu juta orang yang belanja di aplikasi Bukalapak, bisa bayangin gak berapa rupiah pendapatan yang didapat tuh?

Itu baru dari sisi yang belanja belum lagi dari yang menggunakan lapak disitu dan fasilitas lain yang disediakan Bukalapak, pasti banyak banget kan keuntungannya.

Terus sekarang kita bicara manfaat yang bisa didapat masyarakat dengan menggunakan aplikasi Bukalapak, pasti banyak sekali kan manfaatnya. Ya manfaat pertama yang bisa didapat adalah bisa menghemat uang dan waktu, coba deh kalau nggak ada aplikasi Bukalapak dan sejenisnya akan habis berapa banyak waktu dan uang hanya untuk mencari suatu barang yang tidak dijual disemua tempat. Misalnya kalau barang yang kamu cari itu hanya dijual di Jakarta sedangkan kamu berada di Surabaya, jelas kamu akan kehilangan banyak waktu, tenaga, dan uang kan hanya untuk membeli barang keinginanmu itu. Yakan?.
 
Setelah belanja, ini masih ada bisnis startup digital dari ojek online yang juga dari indonesia, yap pasti udah pada kenal kan sama yang satu ini apalagi kalau bukan… Yeee benar sekali namanya Gojek sodara-sodara.

Manfaat yang paling terasa itu dirasakan oleh masyarakat yang hidup di kota-kota besar seperti jakarta, surabaya, dan perkotaan lainnya. Kebayang kan gimana rasanya ketinggalan bis / kereta atau malah kelamaan nunggu bis / kereta padahal jam masuk kerja udah hampir tiba, dan lagi buat kamu yang  kelamaan nungguin teman jemput padahal kelas udah hampir dimulai, pasti bikin auto kesel kan. Dengan adanya ojek online Gojek udah gak jaman lagi tuh kamu telat ngampus gara-gara kelamaan nunggu jemputan atau terlambat masuk kerja karena kelamaan nungguin bis / kereta ya kan. Belum lagi kalau kamu lagi males banget buat keluar nyari makan malam-malam, udah gitu hujan pula mana tempat yang jual makan jauh itu kan sesuatu banget ya hihihi... Tapi dengan adanya bisnis startup digital sekarang tinggal pesen Gofood aja cukup tap-tap beres deh.
 
Setelah kita bahas Bukalapak dan Gojek, ternyata masih ada lagi loh teman-teman bisnis startup di indonesia yang juga sudah masuk dalam kategori Unicorn apa aja itu, penasaran kan?... Oke deh aku kasih tahu, ini loh mereka yaitu Tokopedia, dan Traveloka. Saya kasih tahu lagi ya, kalau Tokopedia itu bisnis startup digital yang bergerak dalam bisnis yang sama dengan Bukalapak, dan untuk Traveloka itu hampir mirip dngan Gojek namun perbedaannya untuk Traveloka adalah bisnis yang dijalankan yaitu sebagai partner dalam menjual tiket baik itu tiket pesawat, hotel, kereta api, dan bis travel.

Satu lagi nih informasi yang harus kamu tahu. Dari keempat bisnis startup tersebut masing-masing sudah menyediakan layanan dompet digital atau e-money yang ditujukan untuk memudahkan kalian (konsumen) dalam melakukan transaksi.


Saking menariknya nih nggak heran kalau bisnis startup ini banyak para investor yang ikut menanamkan modalnya, para investor tersebut berasal dari dalam dan luar negeri seperti Cina, Amerika, Singapura dan lain sebagainya. Jadi peranan investor ini sangat penting bagi persuahaan startup dengan cara menyuntikkan dananya dengan tujuan agar perusahaan tersebut dapat berkembang.

Untuk kamu yang masih bingung dengan kategori bisnis startup khususnya Unicorn, simak penjelasannya dibawah ini ya.

Bisnis startup secara umum dikelompokkan menjadi tiga kategori, pertama bisnis startup dengan kategori Unicorn. Jadi Unicorn itu bila mana valuasi nilai perusahaan telah menyentuh US$ 1 miliar (Satu miliar dolar). Lalu kategori kedua yaitu Decacorn, dalam hal ini bila mana perusahaan startup memiliki valuasi nilai perusahaan sebesar US$ 10 miliar (Sepuluh miliar dolar). Dan yang terakhir yaitu Hectocorn, untuk yang ini bila mana valuasi nilai perusahaan sudah mencapai US$ 100 miliar (Seratus miliar dolar).

Garis besarnya valuasi nilai perusahaan startup adalah nilai ekonomi sebuah perusahaan, jadi valuasi nilai perusahaan ini digunakan untuk mengukur potensi bisnis perusahaan startup tersebut.

Kalau dilihat, diraba, dan diterawang cieeeh. Sebenarnya bisnis startup diatas tersebut muncul atas dasar jalan keluar atau solusi dari permasalahan yang terjadi ditengah masyarakat. Nah, gimana udah paham dong tentang apa itu yang dimaksud dengan bisnis startup digital? 

Jadi seperti itu, bahwa setiap permasalahan pasti ada jalan keluarnya. Lalu tugas kita sekarang adalah membantu bagaimana mencarikan solusi terhadap masalah-masalah yang masih terjadi disekitar kita, kenapa kita? Ya karena kita ini kan generasi penerus bangsa, ya jadi sudah seharusnya kita ikut menciptakan solusi atas masalah yang terjadi disekitar kita. Masalah yang terjadi itu masih banyak dan butuh solusi segera, jadi mari kita turun tangan membantu. Nggak usah muluk muluk mulai saja dari hal-hal kecil, siapa tahu hal kecil yang kita lakukan itu punya dampak positif yang luar biasa untuk solusi permasalahan saat ini.  Kemon gaiss :v

Jujur saya membuat tulisan ini sebagai tindakan nyata saya kepada lingkungan saya dan terlebih untuk anak-anak muda yang seusia dengan saya ataupun mereka yang lebih muda untuk setidaknya bisa beramal dengan seupil pengetahuan yang saya miliki. Selain itu alasan saya menulis diblog ini adalah karena dengan saya menulis itu sama dengan saya belajar, serta permasalahan yang kita hadapi ini semakin bertambah tetapi tidak cukup solusi yang diciptakan.
Yang kita butuhkan sekarang itu adalah tindakan nyata untuk memberikan jalan keluar dari permasalahan yang masih terjadi, kalau hanya dipikirkan saja tanpa ada tindakan yang nyata ya permasalahan tersebut bukan selesai tapi malah akan semakin bertambah banyak.

- Ky

Masih penasaran dengan istilah Unicorn dalam bisnis starup digital? Simak penjelasan ini

Ingin berlangganan?